Senin, 07 Oktober 2013

ANALOG COMPARATOR



Hap Hap... Hap Hap... Tangkap.. Tangkap... Hahai de'.  Pada kesmpatan ini ane ingin share bagaimana cara membuat komparator dengan inputan analog pada mikrokontroler. Pada percobaan kali ini 2 inputan analog akan di hubungkan di AIN) (pin 6) dan AIN1 (pin 7). Sedangkan outputnya akan di tampilkan pada LCD. Simak langkah-langkah di bawah ini :

  1. Rangkailah rangkaian di bawah ini menggunakan ISIS 7 :
  2. Tuliskan sintaks di bawah ini menggunakan program arduino (IDE) lalu compile dan upload sintaks tersebut ke sistem minimum arduino.
  3. Jika anda belum memahami sintaks di atas, coba pahami penjelasanya di bawah ini :

 Prinsip kerja komparator adalah pembanding. Dan pada percobaan ini fungsi komparator adalah membandingkan sinyal analog dengan tegangan referensi ke dalam bentuk nilai besaran. Nilai konversi itu yang akan di bandingkan antara satu dengan lainnya. Jika kita memutar potensiometer pada R2 dan R3, apa yang terjadi jika tegangan pada AIN0 lebih besar dari pada AIN1 ? ada yang bisa jawab? Jawabannya adalah "HIGH", mengapa bisa begitu? karena, nilai tegangan pada pin 6 lebih besar dari pada pin 7.

Cukup sekian post-an kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa CENDOL-NYA ya.. & komen positifnya, guna memperbaiki post-post an yang mendatang.

TERIMA KASIH....

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More