Senin, 14 Oktober 2013

INTERUPSI EKSTERNAL DENGAN MODE RISING




Kali ini lagi, ane nak memposting cara mengiterupsi dalam mode rising, di sini kita menggunakan dua buah switch yang akan dihubungkan pada pin INT0 dan pin INT1 sama seperti Percobaan mode falling. Penekanan switch akan menginterupsi program utama (yang berada pada fungsi loop) dan memaksa untuk menjalankan rutinin terupsi yang telah dideskripsikan pada program. Pada Percobaan mode interupsi yang digunakan adalah rising.
Langkah-langkah percobaannya seperti berikut :

  1. Rangkaian pada percobaan ini sama saja dengan rangkaian pada percobaan mode falling.
  2. Tuliskan  sintaks ini pada program arduino (IDE), lalu compile dan upload ke sistem minimum arduino.
  3. Saat kondisi awal. 
  4. Saat switch di tekan.
    Proses interupsi pada mode rising terjadi ketika, pada kondisi 0 ke 1, yang pada proses interupsi tersebut di sebut Rising. Saat switch di tekan program utama masih berjalan tetapi saat switch di lepas maka interupsi langsung di eksekusi. Pada saat switch di lepas terjadilah perubahan nilai yaitu dari 1 ke 0 (Rising). Dan setelah interupsi di eksekusi maka program akan melanjutkan program utama secara terus menerus.
     Bedanya antara mode falling dan rising apa sih? Interupsi pada mode Falling terjadi bila terjadi perubahan nilai dari 1 ke 0. Sedangkan, pada mode interupsi Rising terjadi bila tredapat perubhan nilai dari 0 ke 1.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More