Senin, 14 Oktober 2013

INTERUPSI EKSTERNAL DENGAN MODE ANY CHANGE



Wow, kembali lagi di postingan ane. Kali ini, ane hendak membahas bagaimana cara menginterupsi dalam mode any change. Pada Percobaan mode interupsi any change. Kita masih akan menggunakan dua buah switch akan dihubungkan pada pin INT0 dan INT1. Penekanan switch akan membuat program utama pada fungsi loop terhenti dan mengeksekusi rutin interupsi.
Adapun langkah-langkahnya adalah seperti berikut :

  1. Rangakailah rangkaian di bawah ini dengan menggunakan ISIS 7. Rangkaiannya sama saja dengan rangkaian dengan menggunakan mode falling dan rising.
  2. Tuliskan sintaks di bawah ini dengan menggunakan program arduino (IDE) dan compile serta upload program tersebut ke sistem minimum arduino.
  3. Kondisi dimana switch dalam kondisi awal.
  4. Kondisi diaman switch di tekan. 

          Pada kondisi any change ini, interupsi terjadi ketika terjadi perubahan nilai dari 1 ke 0 maupun dari 0 ke 1. Seperti yang telah di ketahui sebelumnya perubahan nilai dari 1 ke 0 di sebut falling dan dari 0 ke 1 di sebut rising. Saat switch di tekan tejadi lah mode falling dan saat switch di lepas terjadi mode rising. Setelah mengeksekusi interupsi tersebut maka program akan melanjutkan program utamanya sacara terus menerus. Perubahan nilai tersebut di sebut any change.  
            Apa sih perbedaan antara kondisi any change dengan kondisi falling dan rising? Interupsi mode any change terjadi apabila terjadi perubahan nilai 1 ke 0 (Falling) maupun dari 0 ke 1 (Rising). Mode interupsi any change adalah gabungan antara mode falling dan rising.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More