Senin, 14 Oktober 2013

INTERUPSI INTERNAL DENGAN MODE FALLING


Pada Kesempatan kali ini, saya akan memposting bagaimana cara menginterupsi, khususnya mode interupsi falling. Pada percobaan kali ini kita akan menggunakan dua buah switch yang akan di hubungan dengan pin interupsi 0 (INT0) dan pin interupsi 1 (INT1). Penekanan switch akan menimbulkan program menginterupsi program utama (yang berada pada fungsi loop), dan memaksa secara terus menerus program interupsi yang telah di inisialisasikan dari program.

Langkah-langkahnya adalah :

  1. Rangkailah rangkaian di bawah ini dengan menggunakan ISIS 7.
  2. Tuliskan sintaks program di bawah ini dengan menggunakan IDE, compile dan upload sintaks tersebut ke sistem minimum arduino.

  3. Saat kondisi salah satu switch di tekan / OFF .
  4. Saat kondisi kedua switch di tekan / ON. 
Interupsi ini terjadi ketika, saat inputan dalam kondisi HIGH menuju ke LOW. Perubahan kondisi tersebut ( HIGH menuju LOW) di sebut Interupsi Falling. Dapat kita lihat pada pin 2 dan pin 3 telah bernilai 1 karena dalam kondisi Pull Up, sebelum switch di tekan. Dan pada saat Switch di tekan terjadilah perubahan nilai dari 1 ke 0 (Falling) di karenakan Switch terhubung dengan ground. Saat terjadinya peristiwa falling program akan mengeksekusi program interupsi tersebut. Dan setalah program menginterupsi, maka program akan melanjutkan program utama kembali (Count Loop) secara terus menerus.

1 komentar:

loh kok judulnya INTERUPSI INTERNAL DENGAN MODE FALLING sih bos.... bukannya itu interup external

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More