Senin, 30 September 2013

PEMOGRAMAN DIGITAL INPUT MENGGUNAKAN KONFIGURASI REGISTER



Hai sobat pembaca blog ini yang setia. kali ini bertemu lagi dengan post-an saya yang berjudul "PEMOGRAMAN DIGITAL INPUT MENGGUNAKAN KONFIGURASI DIGITAL". Pemograman menggunakan konfigurasi register ini fungsi sama saja dengan menggunakan pemograman "DIGITAL INPUT". Untuk lebih jelas dan lebih memahami bagaimana cara melakukan pemograman ini maka saya akan mulai step by step seperti di bawah ini :

  1. Langkah - langkahnya sama saja dengan cara membuat pemograman "FUNGSI DIGITAL" pada thread sebelumnya.
  2. Beda-nya ada pada sintaksnya, gantilah sintaks pada "FUNGSI DIGITAL" menjadi sintaks seperti gambar di bawah ini:
  3. Tekan swiich pushbutton. Dana amati suara yang di keluarkan buzeer!
Sintaks di atas bertujuan sebagai berikut :  
Fungsi setup adalah sebagai penginilialisasi. PORTC bernialai 01 yang merupakan bilangan hexa maka kita harus mengkonversi menjadi biner sehingga menjadi 0000 0001, nilai tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi letak pin yang bernilai 1 atau HIGH dan cara membaca pin nya adalah dari kanan ke kiri yang di mulai dari pin A0 hingga pin A5. Dan pin yang bernilai 1 adalah A0 saja. DDRB memiliki nilai 10, yang mana nilai tersebut merupakan bilangan hexa dan bilangan tersebut harus di konversi menjadi bilangan biner sehingga menjadi 0001 0000, nilai tersebut untuk mengidentifikasi letak pin yang bernilai 1 atau HIGH, cara membaca nya juga sama yaitu dari kiri ke kanan yang di mulai dari pin 8 – pin 13. Dan pin yang bernilai 1 adalah pin 12 saja  
Fungsi loop adalah sebagai pengulangan output. Pada kondisi if maka syarat yang harus terpenuhi adalah PORTC yang pin A0 bernilai 0 atau LOW. Maka outputnya akan bernilai 1 pada pin 12. Sama halnya pada kondisi else syaratnya harus selain bernilai 1, maka nilai A0 harus bernilai 0 atau LOW. Sehingga nilai outputnya pada pin 12 bernilai 0 atau LOW.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More