Minggu, 29 September 2013

PEMONGRAMAN DIGITAL INPUT MENGGUNAKAN FUNGSI ARDUINO PADA BUZZER



Wow, ketemu lagi nih dengan saya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas langkah-langkah menggunakan buzzer dengan memakai program IDE fungsi arduno. Tanpa panjang lebar yuk kita simak langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Rangkailah rankaian di bawah ini dengan menggunakan ISIS 7 :
  2. Tuliskan sintaks di bawah ini dengan mengunakan program IDE. jangan lupa untuk meng-kompilasi dan menguploadnya ke arduno pada simulasi ISIS 7 :
Fungsi tiap baris sintaks di atas adalah Fungsi setup adalah sebagai penginilialisasi input dan output, pin A0 berfungsi sebagai input dan A0 juga bernilai 1 ketika tombol tidak di tekan karena A0 adalah switch.  Sedangkan pin 12 berfungsi sebagai output. Fungsi looping if dan else adalah pengulangan nilai output yang ditampilkan, ketika syaratnya sudah terpenuhi. Seperti pada kondisi if syarat yang harus terpenuhi adalah A0 harus bernilai 0 ( ketika switch di tekan), maka outputnya akan HIGH atau MENYALA pada pin 12. Sebaliknya, pada kondisi else syarat yang harus terpenuhi adalah A0 harus bernilai 0 atau LOW, maka ouputnya  akan LOW atau MATI pada pin 12.

Apabila pin A0 bernilai HIGH yang terjadi adalah buzzer tidak akan bernilai 1 atau HIGH. Dikarenakan karena pada kondisi A0 bernilai HIGH merupakan kondisi else yang output pada pin 12 akan mengeluarkan nilai 0 atau LOW, hal itu yang menyebabkan buzzer tidak berbunyi.  

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More