Senin, 16 September 2013

TUTORIAL CARA MENGINSTAL DRIVER ARDUINO


Pada kesempatan kali ini saya akan membagi cara menginstal program arduino, dimana program arduino sangat berguna bagi anda yang suka ngoprek peralatan elektronik seperti pemograman line follower, dll. pokoknya semua yang berhubungan dengan arduino pasti untuk programnya memakai program arduino.
Adapun cara menginstalnya sebagai berikut :
  1. Hubungkan Arduino pada komputer menggunakan Kabel USB tipe B :
  2. Pada bagian bawah kanan dekstop akan muncul Popup installing device driver software seperti pada gambar di bawah ini .
  3. Sistem windows 7 tidak mendukung driver untuk arduino, seperti gambar di bawah, oleh karena itu harus dilakukan penginstalan secara manual.
  4. Buka device manager, pada bagian search program and files ketikkan "Device Manager" tanpa tanda kutip. Perhatikan gambar di bawah ini pada bagian control panel akan muncul device manager, klik untuk menjalankan programnya.
  5. Cari uknwon device yang berada di other device, biasanya muncul tanda seru berwarna kuning yang bermakna driver belum terinstal sempurna.
  6. Klik kanan pada arduino kemudian pilih Update Driver Software.
  7. Pilih Browser my computer for driver sofware
  8. Arahkan lokasi tempat penyimpatan instalan menuju ....\arduino1.0.5\drivers Pastikan check box include subfolder dicentang. Kilk NEXT untuk melanjutkan proses instalasi.
  9. Lanjutkan dengan cara mengklik instal pada tampilan windows security .
  10. Jika proses instalasi berhasil, akan muncul tampilan yang menyatakan bahwa proses instalasi telah berjalan sukses.
  11. Perhatikan dan ingat nama COM Arduino, Karena nama COM tersebut akan di pakai setelah anda memporgram pada arduino untuk di upload ke arduinonya. 
Nah, Cukup sekian saya membagikan cara menginstal driver Arduino. Untuk mengetahui lebih lanjut cara mengistal simulator arduino lihat artikel saya yang selanjutnya..

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More